Potensi Bisnis Jasa Iklan untuk Pemilik Jaringan Hotspot

Bagi teman-teman pemilik jaringan hotspot seperti penggiat RTRWNet, baik yang masih kecil maupun sudah besar, mungkin kebanyakan masih mengutamakan penjualan voucher sebagai pemasukan dari jaringan hotspot-nya. Padahal ada potensi bisnis lain daripada hanya menjual voucher hotspot. Apa potensi bisnis selain dari penjualan voucher hotspot? Jawabnya adalah bisnis jasa periklanan.

Sebagai pemilik jaringan hotspot, anda pasti memiliki traffic yang dapat dipotensialkan untuk beriklan. Karena ada prinsip, dimana ada traffic, di situ anda dapat beriklan. Anda dapat mengiklankan bisnis anda sendiri seperti promosi berlangganan hotspot atau, atau bisnis orang lain (orang lain menyewa ruang iklan anda). Berikut beberapa potensi beriklan pada jaringan hotspot dengan portal hotspot.

Beriklan pada Kolom Input Halaman Login

Beriklan di halaman login ini sebenarnya sudah biasa dan sudah banyak yang melakukan. Namun tidak sedikit teman-teman yang belum memaksimalkan ruang iklan di halaman login. Teman-teman bisa membuat ruang iklan pada header atau footer form login, atau bahkan background form halaman login.

Posisi yang paling efektif untuk posisi iklan menurut saya adalah pada header form login. Mengapa demikian? Karena header form login adalah lokasi yang pasti terlihat ketika pengguna hendak memasukkan kode voucher atau username dan passwordnya. Form header juga lebih aman, karena akan selalu tampil baik di komputer maupun smartphone. Jika diposisikan di footer, ada kemungkinan iklan tidak terlihat jika halaman login dibuka oleh smartphone. Begitu juga background login page tidak akan begitu terlihat ketika dibuka dengan smartphone. Karena itu header adalah posisi paling aman untuk menampilkan iklan.

Iklan dengan slider pada header

Anda bisa membuat satu atau lebih iklan pada header. Jika hanya satu iklan, anda cukup menyimpan gambar pada header. Namun anda juga dapat menyisipkan lebih dari satu iklan pada header dengan cara memberikan efek slider pada iklan.

Beriklan dengan Popup pada Halaman Login

Beriklan dengan halaman popup ini bisa dibilang agak mengganggu namun sangat efektif, karena setiap pengguna yang terhubung pasti harus melihat popup dan menutup iklan terlebih dahulu. Semakin ngejreng iklan, tentunya iklan tersebut semakin efektif. Opsi menutup popup bisa dengan memberikan tombol tutup, atau menutup otomatis dengan hitung mundur.

Iklan dengan popup pada login page hotspot

Beriklan untuk Pengguna Trial/Gratis

Bagi teman-teman yang memberikan masa percobaan (trial) atau menggratiskan koneksinya dengan fitur trial MikroTik, teman-teman bisa menyisipkan iklan ketika pengguna menekan tombol trial tersebut. Pada umumnya ketika menekan tombol trial, pengguna langsung masuk ke jaringan dan terhubung dengan internet. Namun kali ini setelah pengguna menekan tombol trial, pengguna akan dialihkan terlebih dahulu ke halaman iklan. Di halaman tersebut juga tersedia tombol untuk masuk ke jaringan. Tambahkan juga jeda waktu (sekitar 5 – 10 detik) untuk masuk ke jaringan setelah tombol trial ditekan agar pengguna benar-benar memberikan perhatian terhadap iklan.

Beriklan dengan nama SSID WiFi

Nama SSID WiFi menjadi media iklan mungkin terdengar aneh, namun menurut saya ini cukup potensial untuk dijadikan media iklan, karena kebiasaan mencari sinyal WiFi sekarang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan (apalagi kalau sudah fakir kuota). Namun untuk beriklan dengan SSID WiFi saya menyarankan hanya untuk router/AP yang memiliki fitur multi SSID (dapat membuat nama SSID lebih dari 1). Ini dikarenakan jika router/AP yang anda gunakan tidak ada fitur multi SSID, anda bisa saja mengikuti cara beriklan dengan nama SSID WiFi, namun anda harus mengganti nama SSID WiFi utama anda. Takutnya ini malah akan membingungkan pelanggan anda.

Sebagai contoh, saya menggunakan router TOTOLINK N302R PLUS dengan mode AP sudah mendukung multi SSID. SSID utama saya adalah “LOGAM-HOTSPOT”. Lalu saya tambahkan SSID lain di bagian multiple SSID 1 dengan nama “SIOMAYHANEUT.COM”. Maka nanti akan ada dua nama WiFi yang muncul, namun keduanya pada jaringan yang sama.

Salah satu kekurangan beriklan menggunakan nama SSID adalah panjang kata maksimal hanya sebanyak 32 karakter. Jadi harus kreatif untuk memilih nama SSID sebagai iklan ini. Namun kekurangan ini bisa juga dilengkapi dengan mengaktifkan nama SSID yang lain sebagai lanjutan kata dari SSID yang sebelumnya. (TOTOLINK sanggup hingga 4 SSID virtual).

Kesimpulan

Rasanya sayang sekali jika traffic hotspot anda tidak dioptimalkan untuk beriklan, karena itu silahkan coba diterapkan pada jaringan hotspot masing-masing. Apalagi saat ini sedang menuju pemilihan umum. Bisa saja anda prospek para caleg untuk beriklan di jaringan hotspot anda.

Oh iya, kalau teman-teman ingin template hotspot yang sudah mendukung media periklanan seperti yang telah disebutkan, LOGAM.ID punya template premium yang sudah mendukung tipe-tipe pengiklanan di atas. Silahkan kontak kami jika berminat. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MIKHMON ONLINEMIKBOTAM ONLINE MIKMOS ONLINE dan MikroTik API lainnya  KLIK DI SINI

Open chat
1
Hi, ada yang bisa kami bantu?