Bug Hotspot pada RouterOS v.6.45 (Major & Minor Update) – Shared Users Tidak Berlaku

Tidak selamanya update itu bagus, walaupun biasanya update pada umumnya bertujuan untuk menambahkan fitur-fitur baru, menambal celah keamanan, dan lain-lain, namun tidak sedikit pula ada update yang juga berdampak buruk. Salah satunya update Major Update Router OS versi 6.45 (serta minor updatenya) yang ternyata memiliki dampak buruk bagi pengguna MikroTik yang menggunakan fitur hotspot.

Bug ini saya temukan setelah melihat beberapa kali ada user hotspot yang sama login bersamaan di jaringan hotspot saya. Padahal saya menerapkan sistem satu user untuk satu perangkat. Untuk menerapkan sistem satu user satu perangkat, dapat dilakukan dengan memberikan nilai 1 (satu) pada kolom Shared Users di bagian User Profile pada user profile yang dipilih.

Karena saya termasuk orang yang rajin update, jadi setiap ada update yang baru saya selalu menerapkan update. Ternyata update kali ini malah menimbulkan masalah. RouterOS 6.45 ternyata malah menjadi bug untuk konfigurasi Shared Users tersebut. Shared Users dengan nilai 1 menjadi tidak berpengaruh, sehingga user yang sama dapat login di lebih dari satu perangkat.

Awalnya saya mencoba memperbaiki dengan merubah beberapa konfigurasi. Ternyata benar-benar tidak berpengaruh, sehingga user yang sama tetap bisa digunakan di lebih dari satu perangkat. Karena penasaran, akhirnya bereksperimen melakukan upgrade dan downgrade ROS untuk mengetahui pada ROS versi berapa masalah ini bermula. Setelah beberapa kali percobaan, didapatkan bahwa sejak major update 6.45 Shared Users mulai tidak berfungsi. Saat saya menggunakan versi 6.44 hingga 6.44.4, Shared Users masih berfungsi dengan baik.

Apa dampaknya?

Bagi anda pengguna mikrotik yang memiliki sistem hotspot dengan menerapkan kebijakan satu user untuk satu perangkat, maka itu tidak akan berlaku jika anda melakukan upgrade ke ROS 6.45. Dampak ini berlaku bagi semua user yang dibuat baik secara lokal dengan cara manual maupun dengan mikrotik API (seperti Mikhmon, Mikbotam, dll), maupun yang menggnakan RADIUS seperti userman.

Solusinya?

Jika anda masih ingin tetap menerapkan kebijakan satu user untuk satu perangkat, jangan lakukan upgrade ke versi 6.45. Jika tetap ingin melakukan update, maksimal gunakan ROS versi 6.44.4. Jika anda sudah terlanjur upgrade ke ROS v.6.45, lakukan downgrade ke versi di bawahnya. Saya anjurkan gunakan versi 6.44.4 karena itu merupakan versi terbaru yang masih normal fungsi shared usernya.

Semoga MikroTik segera memperbaiki bug ini, karena bagi saya ini bug yang cukup kritis dan hampir tidak terdeteksi jika biasa menerapkan satu user untuk satu perangkat.

2 thoughts on “Bug Hotspot pada RouterOS v.6.45 (Major & Minor Update) – Shared Users Tidak Berlaku”

  1. Apa ada hubungan sama mikhmon? punya saya 6.45.6 gak bisa konek dengan mikhmon. Saya sudah beberapa bulan ga buka mikhmon. Sekarang nggak bisa konek. Padahal sudah aktif service2nya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MIKHMON ONLINEMIKBOTAM ONLINE MIKMOS ONLINE dan MikroTik API lainnya  KLIK DI SINI

Open chat
1
Hi, ada yang bisa kami bantu?